Jumat, 16 April 2010

Programming mudah Untuk ANAK2 dengan PyJunior!


salah satu yang didambakan oleh orang tuanya adalah mendidik anak2 supaya menjadi pribadi yang unggul. Dan mulai saat ini anda sudah bisa mendidik anak2 (minimal adik2 yang masih kecil) untuk dikenal dengan menggunakan PyJunior.

Program yang dibuat oleh Jono Bacon dengan proyek shot of jaq. Program ini menurut dia dapat mengenalkan kepada anak2 tentang dasar pemrograman dan mengajarkan kepada mereka bahwa komputer 'ini' dapat mengerjakan banyak hal jika kamu mengetahui bahasa dasar (dalam hal ini BASIC language), dengan berjalannya waktu kita juga bisa mengajarkan tentang logika dan semantik.


PyJunior adalah program kecil yang sangat spesifik bertujuan untuk menyediakan lingkungan yang sederhana bagi anak2 untuk bermain2 dengan bahasa Python. Python (menurut Bacon) adalah bahasa yang bagus dan salah satu yang cocok dengan anak2 yang akan memulai bahasa pemrograman. Fokusnya disini tidak membuat environtment pemrograman yang full dimana dapat mengakses ke Glade, PyGTK –hal itu sangat jauh dari mudah--. Di PyJunior mengijinkan anak2 untuk menulis instruksi di program dan menekan tombol untuk melihat programnya bekerja.

Beberapa konsep dasar dalam membuat PyJunior adalah:

  • object yang tidak terlalu komplek-banyak file project akan membingungkan anak2

  • tidak ada 'save'- (bacon) tidak bertujuan tentang anak2 untuk menyimpan programnya. Mereka cukup berfokus kepada menulis program dan menjalankannya...tidak untuk mengingat2 menyimpan.

  • User interface sederhana-terlalu banyak tombol akan membingungkan anak2

  • interface yang sesuai dengan anak2-dengan mouse yang besar serta tombol2 yang dapat di-klik.

PyJunior adalah salah satu cara untuk mengajarkan anak2 dengan program, namun tidak terlalu membantu untuk mengenal Python. Dan untuk menu bantuan akan dibuat standart pada GNOME dan terdapat tutorial di sana. Karena visual lebih mudah dibaca, dan menjelaskan elemen dasar dari Phyton.



0 komentar:

Posting Komentar