Jumat, 26 Maret 2010

KERANGKA DASAR PROSES EKONOMI (Bag 1)

1.1 Pendahuluan
Secara teori dijelaskan bahwa peristiwa-peristiwa ekonomi yang terjadi di dunia ini disebabkan oleh adanya berbagai perilaku manusia (masyarakat) dalam kehidupannya sehari-hari. Perilaku atau aktivitas masyarakat tersebut didasarkan pada dua motivasi pokok yaitu ekonomi dan non-ekonomi, di mana keduanya sama-sama mempunyai resiko yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap arus ekonomi5. Interaksi maupun transaksi yang terjadi antara pelaku-pelaku ekonomi dalam berbagai perilakunya baik berbentuk tindakan produksi, konsumsi maupun akumulasi (investasi) yang membentuk suatu proses ekonomi yang panjang dan berkaitan, akan direkam dalam bentuk suatu sistem pencatatan yang dikenal sebagai Sistem Neraca Nasional (SNN)6.
Dalam beberapa buku referensi ditegaskan bahwa pembangunan dan pertumbuhan ekonomi lebih ditentukan oleh faktor demand daripada supply.
Perkembangan yang terjadi sebagai akibat dari perubahan gaya hidup dan perilaku konsumsi dari sebagian besar masyarakat modern telah mendorong para produsen untuk meningkatkan produknya baik secara kuantitas maupun kualitas, yang pada gilirannya juga akan mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Tuntutan serta kebutuhan untuk mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik serta didorong oleh kemajuan teknologi di berbagai bidang juga menjadi pemicu meningkatnya permintaan akan produk-produk ekonomi dengan berbagai ragam macamnya. Bagian ini akan menjelaskan tentang keterkaitan perilaku antara kegiatan produksi, konsumsi dan akumulasi (investasi) dalam proses ekonomi sebagai gambaran hubungan secara simultan antara PDRB sisi demand (permintaan) dengan PDRB sisi supply (penyediaan). Perangkat data yang akan digunakan adalah PDRB menurut penggunaan maupun PDRB menurut lapangan usaha. Secara sederhana, persamaan yang ada7 menjelaskan bahwa pendapatan yang dihasilkan oleh proses ekonomi produksi berupa nilai tambah akan digunakan oleh masyarakat8 untuk membiayai seluruh kebutuhan konsumsinya. Meskipun demikian nilai tambah yang menjadi
pendapatan tersebut belum tentu seluruhnya menjadi penerimaan masyarakat, karena ada sebagian dana yang ditahan oleh perusahaan seperti halnya penyusutan. Keterkaitan ketiga perilaku ekonomi dalam siklus ekonomi makro tersebut akan dijabarkan lebih jauh berikut ini.

2.1 Siklus Kegiatan Ekonomi
Konsep ekonomi klasik secara sederhana menjelaskan bahwa transaksi ekonomi (makro) yang dilakukan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, dibedakan menjadi dua kelompok pelaku utama yaitu produsen dan konsumen. Kelompok produsen menggunakan faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh kelompok konsumen bagi kepentingan proses produksinya dengan tujuan untuk menghasilkan berbagai produk barang dan jasa, atau lazimnya disebut sebagai output. Di sisi lain kelompok konsumen memiliki atau menguasai faktor-faktor produksi berupa tanah (land), tenaga kerja (labor), modal (capital) dan kewiraswastaan (entrepreneurship/skill) yang digunakan oleh produsen sebagai input untuk mendukung kegiatan proses produksinya. Sebagai kompensasinya, konsumen akan menerima balas jasa dari produsen berupa sewa tanah, upah dan gaji, bunga modal, dividen serta bentuk keuntungan lainnya. Balas jasa yang diterima oleh konsumen ini merupakan sumber pendapatan masyarakat, yang selanjutnya akan digunakan untuk membeli barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumsi akhirnya.
Pada sisi yang berbeda, barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen tadi akan
dibeli kembali oleh konsumen untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
Hubungan antara penyediaan produk di satu sisi serta penggunaan (permintaan) di sisi
lainnya ini disebut sebagai titik keseimbangan umum antara Supply dan Demand
(general equilibrium). Bahkan interaksi yang terjadi antara kedua kelompok besar pelaku ekonomi ini terjadi secara terus menerus dan berkelanjutan membentuk suatu siklus perekonomian. Pada proses ini produsen berfungsi sebagai penghasil produk sedangkan konsumen sebagai pemakai produk akhir. Dari siklus makro tersebut dapat dilihat gambaran tentang struktur ekonomi serta perubahan-perubahan yang terjadi,
pertumbuhan ekonomi maupun beberapa data agregat lainnya.
Pada sisi lain ada peran pemerintah dalam mengatur sistem ekonomi suatu negara/wilayah/daerah. Peran utama pemerintah tersebut adalah sebagai regulator, fasilitator maupun stabilitator antara pihak produsen dengan konsumen dalam menjaga
keberlangsungan aktivitas ekonomi, agar sistem ekonomi dapat berjalan dengan tertib
dan lancar.




Untuk melihat siklus (perputaran) sistem perekonomian suatu wilayah atau negara secara sederhana (dua sektor), adalah dengan menggunakan model perekonomian tertutup di mana diasumsikan tidak ada transaksi ekonomi antara wilayah tersebut dengan wilayah/negara lain (seperti halnya transaksi ekspor dan impor). Wilayah yang menganut sistem ekonomi tertutup tidak menggunakan produk yang dihasilkan oleh negara lain, begitu juga sebaliknya, negara lain juga tidak menggunakan produk yang dihasilkan oleh wilayah tersebut. Diagram 1 di atas menunjukkan hubungan transaksi tersebut. Berdasarkan siklus makro tersebut (Diagram 1), secara sederhana dapat
dijelaskan beberapa arus transaksi yang terjadi antara produsen dengan konsumen
sebagaimana berikut ini:

a. arus penyediaan faktor produksi yang terdiri dari unsur tanah, tenaga kerja, kapital, kewirausahaan;
b. arus balas jasa faktor produksi atau pendapatan yang terdiri atas unsur sewa
tanah, upah dan gaji, bunga, deviden, serta keuntungan;
c. arus pengeluaran untuk kebutuhan konsumsinya, dan
d. arus barang dan jasa yang menjadi konsumsi.

Diagram di atas menunjukkan adanya hubungan secara langsung antara arus produk (riil) dengan arus uang (moneter). Apabila seluruh transaksi dikonversikan ke dalam satu satuan moneter (rupiah) maka keempat alur transaksi tersebut akan memberikan besaran nilai yang sama. Aliran faktor produksi dari rumah tangga ke produsen akan menyebabkan terjadinya arus balik dari produsen ke rumah tangga dalam bentuk pendapatan atau yang disebut sebagai balas jasa faktor produksi.
Pendapatan faktor yang dibayarkan oleh produsen tersebut merupakan sumber penerimaan bagi rumah tangga yang pada gilirannya akan digunakan untuk membiayai kebutuhan konsumsinya. Konsumsi (akhir) tersebut meliputi penggunaan berbagai produk barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen (perusahaan); Atau dengan kata lain pendapatan di satu sisi akan sama dengan penggunaan pendapatan di sisi yang lain. Dengan demikian maka aliran produk barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen akan sama dengan aliran uang yang dibayarkan oleh rumah tangga untuk membeli barang dan jasa tersebut.



Dalam kenyataannya barang dan jasa yang digunakan baik untuk konsumsi maupun barang modal, tidak semuanya berasal dari dalam negeri tetapi bisa juga sebagian dari luar negeri (import). Juga sebaliknya barang dan jasa yang dihasilkan di dalam negeri tidak semuanya digunakan di dalam negeri tetapi sebagian digunakan oleh luar negeri (export). Seluruh aktivitas dan transaksi perdagangan tersebut akan tergambar dalam sistem perekonomian terbuka yang strukturnya sedikit lebih rumit dibandingkan dengan perekonomian sistem tertutup. Interaksi perdagangan antara pelaku ekonomi domestik dengan luar negeri akan menyebabkan terjadinya aliran devisa baik masuk maupun keluar wilayah. Dalam hal pendapatan regional, pengertian luar negeri bisa juga mencakup luar daerah atau luar wilayah. Berdasarkan aliran atau siklus ekonomi tersebut disebut sebagai Produk Regional, atau Pengeluaran atau Penggunaan Regional maupun Pendapatan Regional, dapat dideskripsikan secara lebih jauh sebagai berikut:

a. Kalau ditinjau dari segi produksi (arus nilai tambah); disebut sebagai Produk Regional, yang merupakan penjumlahan komponen nilai tambah (value added) yang dihasilkan oleh unit-unit produksi (produsen) di suatu wilayah, dalamjangka waktu tertentu.
b. Kalau ditinjau dari segi pengeluaran atau penggunaan disebut sebagai pengeluaran/ penggunaan atas produk regional (regional expenditure), yang merupakan penjumlahan dari pengeluaran konsumsi akhir yang dilakukan oleh rumah tangga, lembaga nirlaba, pemerintah, maupun pengusaha (produsen) dalam bentuk konsumsi akhir, pembentukan modal tetap bruto, perubahan inventori serta ekspor dan impor suatu wilayah, dalam jangka waktu tertentu.
c. Kalau ditinjau dari segi pendapatan disebut sebagai pendapatan regional (regional income) yang merupakan jumlah pendapatan (balas jasa) yang diterima oleh faktor faktor produksi yang dimiliki atau dikuasai oleh penduduk suatu wilayah, dalam jangka waktu tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar