Jumat, 28 Januari 2011

List Command CMD WIN****

Setelah tulisan sebelumnya Daftar Command terminal Linux sekarang Bagi anda yang (masih) menggunakan windows beberapa adalah daftar command yang bermanfaat saat anda ingin mengetahui informasi WIN**** anda lewat command-prompt :

  • ipconfig - Windows IP configuration

Perintah ini berguna untuk mengetahui troubleshooting dari koneksi internet anda. Menampilkan IP yang saat ini sedang digunakan oleh komputer (karena kalau menggunakan automatic DHCP) biasanya berubah-ubah IP yang anda punya. Biasanya jika anda melaporkan tentang masalah internet anda kepada profider , dia akan meminta anda untuk menjalankan ipconfig.

  • fc - Free BeyondCompare in XP

FC dalam tingkat lebih advance dari perintah DOS yang membandingkan dua file dan membandingkan perbedaan dari keduanya. Meskipun file hasil perbandingan ini hasilnya tidak sebagus dari BeyondCompare atau Altov DiffDog., namun FC masih berguna. Bahkan anda dapat mensinkronisasikan file setelah ditemukan kesalahan.

  • type - open text files sans Notepad

Hampir sama seperti perintah 'cat' di Unix, type adalah salah satu program DOS yang favorit karena dapat digunakan untuk membaca tanpa mengubah isi dari file.

  • ping - Say hello to another computer

perintah PING ke jaringan harus diikuti dengan web-address atau IP addres, yang akan memberikan feedback apakah jaringan yang terhubung merespon permintaan 'jabat-tangan' anda. Tool dari ping dapat digunakan untuk mengkonversi web-address ke bentuk physical IP address

  • tree - visual directory structure

terkadang kita ingin melihat dari struktur fisik dari direktori yang anda miliki, namun XP tidak memiliki bentuk visual yang mudah untuk melihat seluruh isi dari directori. Berikut adalah cara menggunakan dari tree
tree>direktorysaya.txt
type direktorysaya.txt

  • attrib - make hidden files visible

Attrib memberikan hak anda untuk mengganti atribut dari file system dan bahkan untuk file yang tersembunyi. Perintah ini sangat berguna untuk troubleshooting dari WIN**** xp. Sebagai contoh misalkan XP anda tidak dapat booting sejak anda mengedit dari startup boot.ini dengan kondisi file (hidden), gunakan attrib untuk menghilangkan atribut hidden kemudian edit file dengan menggunakan perintah EDIT pada dos (serasa nostalgia dengan WORDSTAR atau program2 yang dahulu di SMP)

  • assoc - which program will open that .xyz file

perintah assoc dapat digunaka untuk menampilkan atau mengubah ekstensi dari nama file yang berkaitan. Contoh perintah
assoc .docx
akan menjelaskan kepada anda file yang berekstensi docx adalah word docoment versi 12 sedangkan
assoc .doc
bagaimana hasilnya? Coba saja...^^

  • move - more flexible than copy-paste

mungkin sebagai contoh...anda mempunyai banyak sekali (ratusan bahkan) file berekstensi XLS dan DOC di folder MyDocuments dan anda ingin memindahkan yang file ekstensi XLS yang berakhiran denan 2006. Saat menggunakan XP explorer, anda mungkin akan manual menyeleksi dari file tersebut dan menggunakan perintah cut-paste....(benar bukan..^^..), tapi itu terlalu lama....coba perintah berikut:
move *2006.xls c:\file2006\
NB:buat dahulu folder file2006 dengan perintah
mkdir file2006

  • find - advanced file search with filter

find (mungkin) perintah DOS yang paling bermanfaat dibandingkan Win**** Desktop Search atau Win**** Find Wizard (yang biasanya muncul logo anjing di kiri bawah). Perintah find mencari string atau huruf yang sesuai dengan file atau teks yang ada dalam file. Setelah selesai mencari file yang dimaksud, find akan menampilkan beberapa baris dari teks yang mengandung kata atau kalimat yang dicari.

Untuk mencari dalam harddisk di drive C anda yang mengandung “Eko Hardiyanto” dapat digunakan perintah berikut :
dir c:\ /s /b | find "Eko Hardiyanto"

beberapa tips tambahan:
untuk mencari atau melihat file biasanya dibutuhkan untuk masuk ke folder yang diinginkan. Untuk lebih mudah mengetik path dari folder yang panjang anda dapat men-drag dari explorer ke command-prompt.
Untuk melihat help dari command-line, di command-prompt anda dapat mengetik berikut:
CommandName /?

Semoga dapat digunakan dengan bijak...^^

0 komentar:

Posting Komentar